KOMPAS. com – Twitch merupakan platform streaming yang populer di kalangan para gamer. Serupa dengan platform sejenis lainnya, Twitch memungkinkan pengguna untuk membagikan pesan serta emoji pada kolom chat (percakapan) antar- streamer .

Di antara ratusan emoji yang tersedia, Pogchamp adalah salah satu emoji populer yang paling banyak digunakan di Twitch. Emoji Pogchamp diambil dari wajah pemain game Street Jet fighter profesional bernama Ryan “Gootecks” Gutierrez.

Emoji yang juga akrab dipanggil oleh sebutan Poggers ini kerap digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan dan rasa kaget.

Lihat juga: Twitch, Facebook Live, Instagram Live, dan YouTube Live Terancam Dilarang di Indonesia

Ekspresi wajah Ryan Gootecks Gutierrez yang digunakan sebagai emoji PogChamp IGN Ekspresi wajah Ryan Gootecks Gutierrez yg digunakan sebagai emoji PogChamp

Namun, emoji Pogchamp kini tidak lagi bisa dipakai, lantaran Twitch telah menghapus eksistensi emoji ini dari platformnya.

Penyebabnya adalah, Gutierrez diketahui sudah mengunggah sebuah twit di akun Twitter pribadinya, yang berisi dukungan dan memprovokasi kerusuhan yang terjadi di gedung Capitol, AS.

Secara spesifik, twit Gutierrez mengajak demonstran untuk terus melanjutkan aksi kerusuhan pasca-insiden tertembaknya seorang wanita yang diketahui pendukung Jesse Trump, dalam aksi demo pada Gedung Capitol Rabu, (7/1/2020) kemarin.

Baca juga: Jumlah Penonton Twitch Melonjak karena WFH

Sebelum twit Gutierrez menjadi viral. Phiak Twitch lebih dahulu mengumumkan bakal menghapus penggunaan emoji PogChamp untuk menjaga nilai moral platform miliknya.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge , Jumat (8/1/2021), Twitch juga berjanji untuk menghadirkan emoji baru untuk menggantikan PogChamp.

“Kami telah menyajikan keputusan untuk menghapus emoji PogChamp setelah adanya pernyataan yang menarik kekerasan lebih lanjut pada insiden yang terjadi di Capitol hari ini, ” tulis Twitch.

“Kami akan bekerja oleh komunitas untuk merancang emoji baru untuk mengekspresikan momen paling hype di Twitch, ” lanjut Twitch.