Suara.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, telah menandatangani perintah eksekutif yang berjanji meninjau masalah rantai pasokan yang berdampak pada langkanya PS5, Xbox Series, dan graphics card.

Tindakan Biden ini dipicu karena semua produsen kekurangan komponen semikonduktor global sejak awal munculnya pandemi tahun lalu.

Semikonduktor umumnya dikenal sebagai chip yang digunakan ke dalam berbagai produk seperti ponsel, komputer, hingga konsol game seperti PS5 dan Xbox Series X atau S.

“Ini tentang memastikan bahwa Amerika Serikat dapat memenuhi setiap tantangan yang kita hadapi di era baru ini,” kata Biden, menjelang penandatanganan perintah di Gedung Putih, dikutip dari NBC News, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga:
Sony Perkenalkan Perangkat VR untuk PS5

“Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melindungi dan mempertajam keunggulan kompetitif Amerika dengan berinvestasi di sini, di dalam negeri,” tambahnya.

Perintah eksekutif meminta peninjauan 100 hari untuk menilai kerentanan dan area untuk perbaikan rantai pasokan dalam empat area, yakni farmasi, mineral langka, chip semikonduktor, dan baterai berkapasitas besar.

Joe Biden menandatangani surat perintah eksekutif setelah dilantik.[ANTARA/REUTERS/Tom Brenner]

Perintah itu juga menyerukan peninjauan terpisah selama setahun terhadap enam rantai pasokan yang lebih luas, yakni pertahanan, kesehatan masyarakat, teknologi komunikasi, energi, transportasi, dan produksi makanan.

Biden mengatakan bahwa solusi masalah rantai pasokan bertujuan meningkatkan meningkatkan produksi dalam negeri.

Selain itu, pemerintahnya juga bakal melakukan bekerja sama dengan pihak lain untuk mencegah kekurangan di masa depan.

Baca Juga:
PS5 Masih Langka, Apa Kata Bos Sony?

Meski begitu, Biden tidak menjamin bisa segera memperbaiki kekurangan komponen semikonduktor. Namun, ia menekankan tinjauan ini untuk mengatasi masalah pasokan demi menghindari krisis di masa depan.


Prediksi spesial Data SGP 2020 – 2021. Cashback hari ini lain-lain ada diamati dengan terencana melalui kabar yg kita umumkan dalam laman ini, serta juga siap ditanyakan pada operator LiveChat support kita yg stanby 24 jam Online untuk mengservis seluruh keperluan antara pemain. Mari segera sign-up, serta ambil prize Buntut & Live Casino On the internet terbesar yang hadir di website kita.