PETUNJUK. com –  Google dikabarkan sedang menguji coba fitur baru pada mesin pencarinya dengan memungkinkan pengguna dapat mencari konten video pendek yang berasal daripada TikTok dan Instagram.

Jika fitur baru ini betul terwujud, pengguna tinggal googling untuk melihat konten video TikTok dan Instagram tanpa perlu repot membuka praktik kedua layanan tersebut.

Bentuknya berupa “Short Video” pada tampilan Google Discover. Google menghadirkan “Short Video” dengan tampilan preview terbenam ( carousel ) di dalam Google Discover.

Pada highlight Short Video, konten yang dimunculkan berupa kumpulan gambar pendek yang dibuat dari permintaan TikTok dan Instagram.

Pada halaman khusus tersebut, pengguna bisa tahu aneka konten TikTok dan Instagram yang bisa ditelusuri dengan jalan menggulir layar ke kiri.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Techcrunch , Kamis (31/12/2020), konten TikTok dan Instagram akan disematkan pada Accelerated Mobile Platform (AMP) Google untuk mengoptimalkan web mobile. Ke depannya, tak hanya gambar dari TikTok dan Instagram dengan bisa ditonton langsung.

Dengan begitu, pengguna cukup memasukan kata pokok video apa yang akan dicari lalu Google akan menampilkan hasil penelusuran lewat halaman Short Gambar.

Baca selalu: Ini Dia, TikTok Rewind Nusantara 2020, Berdurasi 10 Menit di YouTube

Biar demikian, fitur Short Video tersebut masih dalam tahap uji jika, Google juga belum menjelaskan secara detail mengenai kriteria video bagaikan apa yang bisa dimunculkan di dalam halaman tersebut.

Kalau benar terwujud, Google mengatakan kalau fitur ini akan tersedia dengan terbatas untuk sejumlah pengguna, tertib di platform mobile maupun desktop.

Baca juga: Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam