KOMPAS.com – Logo Apple pada iPhone sekarang tak hanya sebagai penanda merek dan hiasan saja, melainkan bisa disulap menjadi tombol pintasan untuk menjalankan berbagai fungsi dan aplikasi.

Ini dimungkinkan karena adanya fitur bernama “Back Tap” yang mampu mengubah logo Apple menjadi tombol pintasan untuk melakukan sejumlah aksi, hanya dengan gestur ketukan.

Perlu dicatat, fitur ini hanya tersedia bagi perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 14 atau yang lebih baru saja.

Baca juga: iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Lantas bagaimana cara megubah logo Apple jadi tombol pintasan? Sederhana saja, pengguna hanya perlu membuka menu Settings > Accessibility > Touch > Back Tap.

Di menu Back Tap ini ada dua opsi pengaturan, yaitu “double tap” dan “triple tap”. Pengguna bisa memilih aksi apa yang ingin diterapkan bila mengetuk dua kali (double tap) atau tiga kali (triple tap) pada logo Apple di iPhone miliknya.

Pengguna akan disajikan 22 jenis aksi yang bisa dijalankan secara instan dengan mengetuk dua atau tiga kali pada logo Apple.

buymobiles.net Pengaturan fitur Back Tap pada iPhone.

Ke-22 jenis aksi tersebut di antaranya adalah App Switcher Control Center, Home, Lock Screen, Mute, Notification Center, Reachability, Screenshot, serta Shake.

Kemudian, pengguna juga bisa menjalankan Siri, Spotlight, Volume Down, Volume Up, AssistiveTouch, Classic Invert, Magnifier, Smart Invert, Speak Screen, VoiceOver, Zoom, Scroll Down, hingga Scroll Up, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Harga iPhone 12 Terbaru di Indonesia Mei 2021

Pengguna bisa memilih masing-masing satu aksi pada opsi “double tap” dan “triple tap”. Misalnya, pengguna memilih aksi Lock Screen untuk “double tap” dan aksi screenshot untuk “triple tap”.

Setelah fitur Back Tap ini aktif, pengguna hanya perlu mengetuk logo Apple sebanyak dua kali untuk mengunci iPhone. Dan bila ingin menangkap tampilan layar, penggua tinggal mengetuk sebanyak tiga kali pada logo Apple.

Pengguna bisa mengubah pengaturan fitur “Back Tap ini” setiap saat. Selamat mencoba!

Game terbaru Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Promo terbaru yang lain bisa dilihat secara terprogram via berita yg kami umumkan pada laman itu, serta juga dapat ditanyakan kepada teknisi LiveChat pendukung kita yg ada 24 jam On-line guna meladeni seluruh keperluan para tamu. Yuk cepetan daftar, dan kenakan promo Lotto & Kasino On-line tergede yang tampil di website kami.