KOMPAS.com – PT Telkom Indonesia membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet besutannya. Menurut SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, gangguan tersebut terjadi mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Ahmad mengatakan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.

Gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata Ahmad melalui pernyataan resmi kepada KompasTekno, Minggu (19/9/2021).

Ia juga mengatakan saat ini pihak Telkom Indonesia tengah mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan ini. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang terdampak.

Baca juga: Internet IndiHome Dilaporkan Mengalami Gangguan

Gangguan Telkomsel

Senada dengan Ahmad, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, juga mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Denny, gangguan jaringan Telkomsel dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” kata Denny kepada KompasTekno.

Adapun gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan dengan normal.

“Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata Denny.

Baca juga: Separah Apa Kiamat Internet yang Dipicu Badai Matahari Ekstrem?

Gangguan sejak Minggu sore

Layanan internet IndiHome dilaporkan bermasalah. Sebagian pengguna IndiHome mengeluh layanan internet tersendat hari ini, Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 18.30 WIB.

Selain IndiHome, pengguna Twitter juga mengeluhkan terjadinya penurunan kualitas jaringan Telkomsel.

Bahkan di lini masa Twitter, kata kunci IndiHome dan Telkomsel saat ini menjadi topik yang banyak diperbincangkan.

Promo gede Result SGP 2020 – 2021. Diskon terkini lainnya bisa diperhatikan dengan terjadwal via informasi yang kita letakkan dalam web tersebut, serta juga dapat ditanyakan terhadap teknisi LiveChat support kita yg menunggu 24 jam On-line buat mengservis semua kebutuhan antara player. Ayo langsung join, serta ambil prize Toto serta Kasino On-line terbaik yg hadir di web kami.