KOMPAS. com – Jauh sebelum Apple memperkenalkan M1 buat lini MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini terbaru, jinjing Windows sudah lebih dulu mengangkat chip dengan arsitektur ARM.

Namun, sebuah pengujian yang dikerjakan oleh PC World memperlihatkan bahwa kinerja chip ARM di jinjing Windows ternyata jauh tertinggal dipadankan Apple M1, setidaknya dalam peristiwa emulasi software berbasis arsitektur x86.

Baca juga: Mengenal Apple M1, Chip ARM Pengganti Intel di MacBook Terbaru

Selama ini, OS Windows versi ARM (WOA, Windows on ARM) hanya bisa menyelenggarakan aplikasi yang ditulis untuk bangun ARM secara native atau praktik x86 32-bit.

Pekan lalu, Microsoft akhirnya mempublikasikan emulator yang menguatkan perangkat WOA menjalankan aplikasi x86 64-bit. Emulasi serupa sudah bertambah dulu ditawarkan oleh MacOS serta komputer Mac berbasis chip M1.

Salah satu pengujian PC World dengan Geekbench untuk menguji kinerja chip ARM Windows dan Mac PC World Salah utama pengujian PC World dengan Geekbench untuk menguji kinerja chip ARM Windows dan Mac

Kinerja emulasi software x86 64-bit antara kedua platform ini biar diadu. Sebagai perwakilan Windows, dipilih laptop 2-in-1 Microsoft Surface Memihak X yang ditenagai chip SQ1, sementara dari sisi MacOS ialah laptop MacBook Air terbaru secara chip M1.

Hasilnya, dalam semua aplikasi pengujian yang mencakup GeekBench 5, Cinebench R23, HandBrake, dan game Rise of the Tomb Raider , Microsoft Surface Pro X secara konsisten berada di urutan terbawah, dengan kesenjangan performa yang lebar dengan MacBook Air M1.

Baca pula: Survei Steam: AMD Mulai Kejar Intel

Sementara itu, MacBook Air M1 selalu berada di urutan teratas, berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan Surface Pro X. Kinerjanya bahkan melewati laptop HP Pavilion x360 dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang disertakan jadi pembanding.

Salah satu pengujian PC World dengan Handbrake untuk menguji kinerja chip ARM Windows dan Mac PC World Lengah satu pengujian PC World dengan Handbrake untuk menguji kinerja chip ARM Windows dan Mac

Perlu ditambahkan bahwa emulator x86 64-bit Microsoft masih berstatus beta, sehingga kinerjanya bisa sekadar meningkat di masa mendatang. Mungkin juga akan hadir chip ARM baru yang bakal mendongkrak performa lebih jauh.

Baca juga: MacBook Air Apple M1 Sudah Mejeng di Kedudukan Apple Nusantara

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC World , Sabtu (19/1/2/2020), untuk sekarang Apple sedang memimpin jauh di depan pada hal pengembangan chip ARM untuk komputer dan software pendukungnya.