Suara.com – Mumi “putri duyung” yang dikatakan memberikan keabadian kepada siapa pun yang mencicipi dagingnya, akan diselidiki para ilmuwan untuk mengungkapkan sifat aslinya.

Makhluk misterius berukuran 12 inci itu diduga ditangkap di Samudra Pasifik, di lepas pulau Shikoku, Jepang, antara 1736 dan 1741, dan sekarang disimpan di sebuah kuil di kota Asakuchi.

Dengan wajah meringis, gigi runcing, dua tangan, dan rambut di kepala dan alisnya, ia memiliki penampilan manusia yang menakutkan, kecuali bagian bawahnya yang seperti ikan.

Sekarang para peneliti dari Universitas Sains dan Seni Kurashiki, telah mengambil mumi untuk pemindaian CT dalam upaya mengungkap rahasianya.

Baca Juga:
Ilmuwan Temukan Kasus Pertama Penularan Covid-19 dari Rusa ke Manusia

Hiroshi Kinoshita dari Okayama Folklore Society, yang menggagas proyek tersebut, mengatakan makhluk aneh itu bisa memiliki makna religius.

“Putri duyung Jepang memiliki legenda keabadian. Dikatakan bahwa jika kamu memakan daging putri duyung, kamu tidak akan pernah mati,” katanya.

Mumi putri duyung. [New York Post/Kinoshita Hiroshi/Pen News]

Dia menambahkan, ada legenda di banyak bagian Jepang bahwa seorang perempuan secara tidak sengaja memakan daging putri duyung dan hidup selama 800 tahun.

“Legenda ‘Yao-Bikuni’ ini juga dilestarikan di dekat kuil tempat mumi putri duyung ditemukan. Saya mendengar bahwa beberapa orang, percaya pada legenda, biasa memakan sisik mumi putri duyung,” ujar Hiroshi Kinoshita.

Di era Covid-19, putri duyung juga bisa menjadi pertanda buruk, menurut cerita rakyat.

Baca Juga:
Kawah Terbesar di Bumi Ditemukan, Berusia 100 Ribu Tahun

“Ada juga legenda bahwa putri duyung meramalkan penyakit menular,” kata Hiroshi, dilansir laman New York Post, Minggu (6/3/2022).

Sebuah surat bersejarah tertanggal 1903, tampaknya ditulis oleh mantan pemilik, disimpan di samping mumi dan memberikan cerita tentang asalnya.

“Seekor putri duyung tertangkap dalam jaring penangkap ikan di laut lepas Prefektur Kochi,” tulis surat itu.

Tambahnya, para nelayan yang menangkapnya tidak mengetahui bahwa itu adalah putri duyung, tetapi membawanya ke Osaka dan menjualnya sebagai ikan yang tidak biasa.

“Nenek moyang saya membelinya dan menyimpannya sebagai harta keluarga,” tulisnya lagi.

Tidak jelas bagaimana atau kapan mumi itu datang ke kuil Enjuin di Asakuchi.

Tetapi imam kepala, Kozen Kuida, mengatakan bahwa patung itu dipajang dalam kotak kaca sekitar 40 tahun yang lalu dan sekarang disimpan di brankas tahan api.

Mumi putri duyung. [New York Post/Kinoshita Hiroshi/Pen News]Mumi putri duyung. [New York Post/Kinoshita Hiroshi/Pen News]

“Kami telah memujanya, berharap itu akan membantu meringankan pandemi virus corona meskipun hanya sedikit,” katanya kepada The Asahi Shimbun, sebuah surat kabar Jepang.

Kinoshita, bagaimanapun, mengambil pandangan yang lebih pragmatis dari makhluk itu.

Dia percaya itu diproduksi di beberapa titik selama periode Edo, era sejarah Jepang yang membentang dari 1603 hingga 1867.

“Tentu saja, menurutku itu bukan putri duyung sungguhan. Saya pikir ini dibuat untuk ekspor ke Eropa selama periode Edo, atau untuk kacamata di Jepang,” katanya.

Legenda putri duyung tetap ada di Eropa, China, dan Jepang di seluruh dunia.

“Saya pikir itu terbuat dari hewan hidup dan kami ingin mengidentifikasi mereka dengan CT scan atau tes DNA,” ungkap dia.

Menurut Kinoshita, itu terlihat seperti ikan dengan sisik di tubuh bagian bawah dan primata dengan tangan dan wajah di tubuh bagian atas.

”Spesimen serupa dipamerkan oleh PT Barnum – yang hidupnya menginspirasi film laris 2017 The Greatest Showman – di Museum Amerika miliknya di New York sebelum terbakar pada 1865.

Mumi ini, dibuat dari batang tubuh dan kepala monyet yang dijahit ke bagian belakang ikan, konon ditangkap di lepas pantai Fiji dan kemudian dibeli dari pelaut Jepang.

Dalam cerita rakyat Jepang, ada makhluk yang disebut ningyo, yang digambarkan memiliki mulut monyet dengan gigi seperti ikan dan tubuh ditutupi sisik emas.

Ilustrasi putri duyung. (Sumber: Shutterstock)Ilustrasi putri duyung. (Shutterstock)

Para ilmuwan yang memeriksa mumi itu akan mempublikasikan temuan mereka akhir tahun ini.


Hadiah paus Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Permainan spesial lain-lain tampil diperhatikan secara terprogram lewat informasi yg kita sisipkan pada website ini, serta juga siap dichat pada teknisi LiveChat pendukung kami yg siaga 24 jam On-line dapat mengservis semua kepentingan antara tamu. Yuk buruan daftar, dan ambil diskon Lotto serta Kasino On-line terbesar yg tampil di web kita.