KOMPAS. com –  Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan model tertinggi dalam keluarga seri Galaxy S21. Satu diantara fitur yang menjadi sorotan di Galaxy S21 Ultra adalah pertolongan stylus (pena digital) S Pena khas Samsung.

Ini merupakan pertama kalinya Samsung membekali seri Galaxy S dengan stylus S Pen yang selama ini hadir di Galaxy Note.

Dukungan penggunaan stylus itu eksklusif hadir untuk Galaxy S21 Ultra. Sementara Galaxy S21 Reguler dan Galaxy S21 Plus belum bisa menggunakan S Pen.

Berbeda dengan Galaxy Note, Galaxy S21 Ultra tidak memiliki ruang khusus untuk menempatkan S Pen. Alhasil, S Pen cuma bisa diselipkan di kompartemen dengan ada di case khusus.

Selain tersebut, kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra berbeda dengan S Pen di Galaxy Note. Kekuatan S Pen di Galaxy S21 Ultra masih terbatas karena tak dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE).

Dengan BLE, S Pen di Galaxy Note bisa berfungsi sebagai pengontrol tustel dari jarak jauh. S Pena dengan BLE hadir pertama kala lewat Galaxy Note 9.

Saat ini, S Pen di Galaxy S21 Ultra baru bisa dimanfaatkan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes. S Pena juga bisa berfungsi untuk menggulirkan layar atau menavigasi aplikasi.

Menurut Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, S Pen di S21 Super meski belum dibekali BLE langgeng mempunyai banyak fitur berguna.

“Selain menulis dan menggambar, S Pen juga bisa buat mengedit file PDF, Audio Bookmark, Translate, Smart Select, Screen Write, dan AR, ” jelas  Taufiq saat dihubungi KompasTekno , Kamis (21/1/2021).

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra akan dijual secara terpisah. Meski demikian, pengguna Galaxy S21 Ultra bisa “meminjam” atau menunggangi S Pen milik Galaxy Note. Taufiq memastikan bahwa S Pen Galaxy Note 10 dan Note 20 kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra.

Baca juga: Deretan Fitur Baru di Samsung Galaxy S21 Ultra