KOMPAS. com – Pada 9 Januari 2021 lalu, Apple merayakan 14 1 tahun kiprahnya di industri smartphone. Kala itu, pendiri Apple, Steve Positions pertama kali memperkenalkan iPhone keturunan awal pada 9 Januari the year of 2007.

Sejak awal diluncurkan, perangkat tersebut diklaim telah terjual lebih dari 1, 4 juta unit pada November 2007.

Dalam perjalanannya, iPhone sendiri bisa dibilang merupakan “pionir” teknologi untuk ponsel pintar alias smart dataphone.

Mengapa demikian? disebabkan iPhone adalah ponsel pertama dimana mendukung fitur panggilan telepon, affiliasi internet, e-mail, dan sejumlah fungsi lainnya.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs, Bill Gates, da Jeff Bezos yang Jadi Bukti

iPhone generasi pertama juga merupakan satu-satunya ponsel yang dibekali dengan layar sentuh dan mendukung jaringan selular 2G.

Lantas, bagaimana perjalanan iPhone dari masa ke zaman? Berikut evolusi iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Your Experience , Rabu (13/1/2021).

2007

9 Januari 2007 menjadi hari di mana Steve Jobs mengumumkan perangkat iPhone pertamanya yaitu ipod nano 2G di Amerika Serikat. Bagi pertama kalinya, ponsel ini sedia dengan layar yang besar serta dapat dinavigasi menggunakan jari orang.

Kemudian pada 29 Juni 2007, iPhone 2G start dijual secara resmi di producirse AS. Saat itu, iPhone 2G dibanderol dengan harga 499 Monetary AS untuk varian memori nearly four GB dan 599 Dollar SINCE untuk memori 8 GB.

2008

Satu tahun berselang, unlock apple iphone 4 kembali meluncurkan penerus iPhone 2G dengan merilis iPhone 3G dalam 11 Juli 2008.

iPhone 3G juga merupakan ponsel buatan A brand new pertama yang dibekali toko aplikasi App Store untuk memungkinkan konsumennya dapat mengunduh aplikasi seperti table games, media sosial, atau software lainnya.

2009

19 Juni 2011 menjadi tanggal peluncuran iPhone 3GS. iPhone 3GS menjadi ponsel mulailah yang menjalankan fitur personal shop assistant Siri di perangkatnya.

Baca juga: Sorakan 12 Tahun yang Lalu saat is actually Pertama Kali Diperkenalkan

Siri merupakan fitur pengenalan suara yang dapat berperan seperti mesin pencari dan asisten pribadi.

Lewat fitur kita, pengguna iPhone tidak perlu mengetik kata yang akan dicari, tetapi hanya mengucapkan kata pada perangkatnya. Otomatis, mesin pencari Siri tetap langsung mencarinya.

Steve Jobs saat mendemonstrasikan aplikasi FaceTime AP Photo Steve Jobs saat mendemonstrasikan aplikasi FaceTime

2010 and beyond

2010 berprofesi tahun keempat bagi Apple sekaligus momen peluncuran iPhone 4 di 24 Juni 2010. iPhone angkatan keempat ini merupakan ponsel terutama yang memiliki kamera depan dalam kebutuhan selfie.

Desain ponsel ini juga mengalami perombakan menjadi lebih tipis.