KOMPAS.com – Sudah hampir 7 bulan Donald Trump diblokir di media sosial. Gara-gara pidatonya yang diduga memicu kericuhan di depan gedung Capitoll Hill pada awal Januari lalu, Facebook, Twitter, hingga Youtube kompak memblokir akun Trump.

Tak terima dengan “pemblokiran massal” yang diterimanya, Trump mengajukan gugatan class action terhadap Facebook, Twitter, dan Google.

Presiden Amerika Serikat ke-45 itu mengajukan gugatan di pengadilan federal di Florida pada Rabu (7/7/2021).

Isinya, ia menuntut ketiga perusahaan teknologi raksasa itu untuk menghentikan pemblokiran, pembungkaman, dan penyensoran terhadap akun media sosial Trump.

“Kami meminta pengadilan distrik AS untuk distrik selatan Florida untuk memerintahkan penghentian segera penyensoran ilegal dan memalukan perusahaan media sosial terhadap rakyat Amerika,” kata Trump.

Selain menggugat perusahaan, Trump juga turut menyeret nama masing-masing CEO dari Facebook, Twitter, dan Google dalam gugatan miliknya.

Dalam argumen hukum yang diajukan, Trump berpendapat tiga perusahaan teknologi raksasa dunia itu tidak sesuai konstitusional ketika menghapus Trump dari platform.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trump menuntut ganti rugi kepada ketiga platform tersebut dan meminta akunnya dipulihkan.

Baca juga: Donald Trump Diblokir dari Facebook dan Instagram Selama 2 Tahun

Untuk diketahui, Amandemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat mengamanatkan bahwa, “Kongres tidak akan membuat hukum yang mengatur negara untuk mensponsori agama, atau yang melarang penyelenggaraan kebebasan beragama; atau membatasi kebebasan berbicara, atau kebebasan pers; atau hak-hak rakyat untuk berkumpul secara damai, dan mengajukan petisi kepada Pemerintah agar menanggapi keluhan”.

Gugatan class action Trump ini turut didukung oleh America First Policy Institute (AFPI), sebuah organisasi nirlaba politik yang dikumpulkan bersama beberapa bulan lalu oleh mantan anggota dari pemerintahan Trump.

Hadiah paus Data SGP 2020 – 2021. Info seputar yang lain-lain tampak diperhatikan dengan terencana melalui info yang kami sampaikan di web itu, dan juga bisa ditanyakan terhadap operator LiveChat pendukung kami yang menunggu 24 jam On the internet dapat mengservis semua maksud antara player. Ayo langsung daftar, & menangkan cashback Lotere & Live Casino On-line tergede yg hadir di situs kita.