Suara.com – Para ilmuwan menemukan fosil manusia purba misterius, diduga telah hidup berdampingan bersama manusia modern dan Neanderthal.

Fosil tersebut pertama kali digali pada 2010 di dekat Kota Ramla, Israel tengah.

Setelah menggali sekitar delapan meter, tim menemukan alat-alat batu dan tulang manusia, serta sejumlah besar tulang hewan.

Para ahli membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk mencari tahu mengenai fosil misterius tersebut.

Baca Juga:
8 Jenis Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia dan Ciri-cirinya

Ilmuwan mengidentifikasi tulang kerangka itu sebagai tipe baru Homo, yang sebelumnya tidak diketahui sama sekali.

Diketahui bahwa fosil tersebut berusia sekitar 120.000 hingga 140.000 tahun.

Fosil manusia purba misterius, tipe baru Homo. [Eurekalert]

Menariknya, fosil ini sangat berbeda dengan manusia modern dan memiliki gigi yang sangat besar, tetapi tanpa dagu.

Namun, setelah membandingkan fosil baru ini dengan fosil lain yang sebelumnya ditemukan di Israel, tim menyadari bahwa tulang-tulang itu berasal dari kelompok yang sama.

“Mereka adalah populasi yang sangat besar di wilayah itu dari setidaknya sekitar 400.000 tahun lalu hingga sekitar 100.000 tahun lalu,” kata Israel Hershkovitz, ahli paleoantropologi di Universitas Tel Aviv, dikutip dari Live Science, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga:
Ilmuwan Temukan Jejak Kaki Anak-anak Neanderthal Berusia 100 Ribu Tahun

Tim ahli menemukan bahwa alat-alat yang terkubur, menunjukkan cara pembuatan alat yang sama dengan alat-alat yang ditemukan antara manusia modern dan Neanderthal.


Cashback menarik Data SGP 2020 – 2021. Permainan terbaru yang lain muncul diamati secara terencana via pengumuman yg kita sampaikan di web itu, serta juga dapat dichat pada operator LiveChat support kita yg menjaga 24 jam On-line buat mengservis seluruh keperluan para tamu. Yuk segera gabung, & kenakan hadiah Undian dan Kasino Online terhebat yg terdapat di tempat kami.