KOMPAS.com – Ada sejumlah layanan yang bisa digunakan untuk membuat survei online, salah satunya adalah Google Forms. Layanan ini banyak digunakan untuk membuat kuisioner guna mendapatkan data.

Google Forms juga menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan di bidang akademis, seperti ketika membuat survei untuk tugas akhir, untuk penelitian, hingga skripsi.

Selain fitur yang terbilang lengkap, Google Forms juga bisa digunakan secara cuma-cuma.

Formulir yang dibuat di layanan Google Form akan terhubung secara otomatis dengan Google Drive. Dengan demikian, data-data yang sudah dikumpulkan dapat diakses sewaktu-waktu oleh pengguna.

Selain dapat diakses melalui PC dan laptop, layanan Google Forms juga dapat dibuat melalui perangkat smartphone atau HP serta tablet.

Baca juga: Isi Formulir dengan Autofill di Browser Memang Cepat, Risikonya?

Berikut ini adalah langkah mudah untuk membuat survei di Google Forms lewat HP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, silakan buka aplikasi browser di smartphone Anda dan akses halaman Google Form atau dengan mengklik tautan berikut ini.

KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Laman Google Form yang diakses melalui perangkat smartphone.

Selanjutnya, masukkan judul yang dikehendaki di kolom Untitled Form. Jika sudah, cantumkan jenis pertanyaan yang ingin diajukan pada kolom Untitled Question.

Untuk memperjelas pertanyaan, pengguna juga dapat menyertakan sebuah foto.

Caranya, cukup klik ikon galeri yang tertera di sebelah kanan pertanyaan dan pilih foto yang ingin diunggah.

Cashback paus Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Prize terbaik yang lain tampil dilihat secara terstruktur lewat pemberitahuan yg kita lampirkan pada website tersebut, lalu juga siap ditanyakan pada petugas LiveChat support kita yang tersedia 24 jam On the internet buat mengservis semua kebutuhan para bettor. Mari secepatnya daftar, & menangkan diskon dan Kasino Online tergede yg tampil di laman kami.