KOMPAS. com – Touchpad dalam jajaran laptop MacBook besutan Apple terbilang nyaman digunakan karena berukuran besar dan mendukung berbagai fungsi navigasi dengan sapuan jari.

Meskipun barangkali belum selengkap MacBook, laptop Windows ternyata juga mendukung navigasi dengan gesture serupa, menggunakan gerakan dua, tiga hingga empat jari sekaligus di touchpad .

Kemampuan tersebut hanya ada di laptop Windows yang sudah dibekali dengan touchpad presisi alias Precision Touchpad.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider , Rabu (27/1/2021), sejak 2012, sebagian tumbuh laptop Windows keluaran baru seharusnya sudah dibekali dengan touchpad presisi.

Baca juga: Cara Pakai Line di PC dan Laptop

Untuk memastikan, pemakai bisa mengeceknya sendiri. Caranya semoga, pengguna hanya perlu membuka menu Settings> Device > Touchpad.

Kalau laptop sudah dibekali dengan touchpad presisi, di bawah subjudul “Touchpad”, pengguna akan melihat keterangan “Your PC has a precision touchpad”.

Ini tandanya pemakai bisa mengatur gesture touchpad sesuai dengan diinginkan, mulai dari untuk menggulirkan layar ( scroll ), berpindah dari satu penerapan ke aplikasi lain, hingga menyusun audio dan volume.

Langkah pertama, pengguna harus mengesahkan tombol toggle “Touchpad” dalam posisi hidup atau “on”.

Untuk menyetel gestur kustom di touchpad, pastikan tombl toggle dalam keadaan on. Business Insider Untuk menyetel gestur kustom di touchpad, pastikan tombl toggle pada keadaan on.

Gestur gerakan satu dan dua jari

Selanjutnya, masih di menu penyerasian “Touchpad”, pengguna perlu bergeser ke bawah sedikit.