KOMPAS.com – Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2. Perpanjangan PPKM dilakukan pada 10-16 Agustus 2021.

Pada perpanjangan kali ini, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan di wilayah PPKM Level 4. Uji coba ini dilakukan dengan implementasi protokol kesehatan ketat.

Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Mal di empat wilayah ini dibuka dengan kapasitas 25 persen selama sepekan ke depan.

Selain itu, anak usia di bawah 12 tahun dan warga berusia lebih dari 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal atau pusat perbelanjaan.

Baca juga: 21 Mal di Jakarta Wajibkan Pengunjung Bawa Sertifikat Vaksin

Syarat utama pengunjung untuk dapat masuk ke mal yaitu sudah divaksinasi dan harus menunjukkan sertifikat vaksinnya menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Pengunjung mal wajib menunjukkan sertifikat vaksin langsung melalui aplikasi tersebut. Tidak cukup hanya dengan menunjukkan dokumen/kartu fisik sertifikat vaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membuat akun Peduli Lindungi

Aplikasi PeduliLindungi dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store (Android) melalui link ini dan App Store (iOS) via tautan ini.

Bagi yang mempunyai akun di PeduliLindungi, Anda harus membuatnya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi lewat smartphone Anda (Android/iOS) dan pastikan fitur GPS sudah diaktifkan.
  • Isi nama lengkap dan nomor HP Anda di kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Buka kembali aplikasi PeduliLindungi, lalu masukkan kode OTP tersebut.
  • Setelah selesai membuat akun, Anda akan menjumpai halaman utama (beranda).

Melihat sertifikat vaksin via aplikasi Peduli Lindungi

Setelah melakukan login di aplikasi, untuk melihat sertifikat vaksin Covid-19 caranya sangat mudah. Klik ikon “Akun” yang terletak di sebelah kanan atas aplikasi.

Pada menu “Akun”, klik opsi “Sertifikat Vaksin”, lalu pilih nama Anda pada halaman tersebut.

Pada halaman selanjutnya, akan tertera sertifikat tahap pertama dan/atau tahap kedua. Sertifikat ini dapat ditunjukkan ke petugas sebagai syarat masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Melihat sertifikat vaksin via situs Peduli Lindungi

Selain melalui aplikasi, sertifikat vaksin Covid-19 juga bisa dilihat melalui situs resmi PeduliLindungi. Berikut adalah cara-caranya.

  • Kunjungi situs PeduliLindungi melalui tautan berikut ini https://pedulilindungi.id/
  • Login menggunakan alamat e-mail atau nomor HP yang telah terdaftar
  • Selanjutnya, masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS untuk proses verifikasi.
  • Setelah berhasil masuk, klik menu akun di sebelah kanan atas, kemudian pilih “Sertifikat Vaksin”
  • Kemudian pilih nama Anda pada halaman tersebut. Pada halaman selanjutnya, akan tertera sertifikat tahap pertama dan/atau tahap kedua. Sertifikat ini dapat ditunjukkan ke petugas sebagai syarat masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Baca juga: Tanda-tanda Nomor WhatsApp Anda Diblokir oleh Pengguna Lain

Cashback khusus Data SGP 2020 – 2021. Bonus terbaik yang lain ada diamati dengan berkala lewat kabar yg kami sisipkan dalam web ini, dan juga siap dichat pada operator LiveChat pendukung kita yang menunggu 24 jam Online guna melayani segala keperluan para player. Lanjut secepatnya join, serta ambil cashback Lotre & Kasino Online tergede yang tampil di situs kita.