KOMPAS. com – Pandemi covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah dengan melaksanakan pembelajaran jangka jauh ( PJJ). Para anak pun memanfaatkan  platform pendidikan online untuk belajar daripada rumah.

Salah satu yang banyak digunakan adalah Brainly. Brainly ibarat maklumat Quora yang menyimpan kumpulan soal mata pelajaran dibanding berbagai jenjang pendidikan, sekaligus jawabannya.

Diberlakukannya pembelajaran renggang jauh, pengguna Brainly pun saat ini berlipat ganda. Pada 2020, Brainly mencatat kenaikan jumlah pengguna dengan signifikan menjadi 350 juta pemakai, lebih dari dua kali lipat dari 2019 yaitu 150 juta pengguna.

Tidak hanya jumlah pengguna, Brainly juga mendapatkan kucuran dana segara sebesar 80 juta dollar AS atau sekitar Rp 1, 1 triliun (kurs Rp 14. 100) pada fragmen pendanaan seri D.

Kucuran biaya diperoleh dari beberapa investor, semacam Learn Capital, Prosus Ventures, Runa Capital, MantaRay dan General Catalyst Partners.

Menyuarakan juga: Kuota Belajar Online 10 GB Rp 10, Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?

Simpanan ini rencananya akan digunakan buat membangun tool dan mengembangkan ekspansi ke negara kunci, seperti Indonesia & Brasil. Total pendanaan yang dihimpun Brainly dilaporkan mencapai 150 juta dollar AS (sekitar Rp 2, 1 triliun).

Pada putaran pendanaan seri C sebelummya, Brainly memperoleh kucuran dana 30 juta dollar AS (Rp 424 miliar). Pemberian tersebut digunakan untuk fokus menggelar pasar AS.

Tidak disebutkan berapa valuasi Brainly. Tetapi, menurut estimasi PitchBook, valuasi Brainly diprediksi mencapai 180 juta dollar AS (sekitar Rp 2, 5 triliun).

“Brainly sudah menjadi salah satu komunitas bersekolah terluas di dunia, meraih pertumbuhan organik yang signifikan di lebih dari 35 negara, ” perkataan Vinit Sukhija, perwakilan dari Learn Capital.

Pandemi juga turut memengaruhi segmen pengguna Brainly. Sebelum pandemi, pengguna Brainly didomunasi para pelajar dengan rentang leler 13-19 tahun.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Gentel untuk Belajar Online