Senin, 10 Januari 2022 – 09:10 WIB

 

Prasasti yang tertulis dalam aksara paku.

Pixabay

Prasasti yang tertulis dalam aksara paku.

 

“Memegang tablet yang ditulis ribuan tahun yang lalu dan berhasil membaca apa yang tertulis adalah perasaan yang luar biasa,” ujar Dr Christina Tsouparopoulou dari Departemen Arkeologi, Universitas Cambridge.

Cuneiform atau aksara paku adalah bentuk tulisan tertua di dunia. Aksara ini pertama kali dipakai sebagai sarana berkomunikasi secara tulisan lebih dari 5.000 tahun yang lalu, dan diyakini sudah ada sebelum hieroglif Mesir.

“Ini seperti melakukan perjalanan waktu. [Membaca tablet cuneiform] melontarkan Anda ke ribuan tahun yang lalu dan menempatkan Anda pada posisi orang-orang yang hidup jauh sebelum kita,” kata Dr Selena Wisnom, dari Departemen Arkeologi dan Sejarah Kuno, Universitas Leichester.

Aksara paku digunakan oleh peradaban yang tinggal di Mesopotamia, termasuk bangsa Sumeria dan Akkadia.

LIHAT ARTIKEL ASLI »

Promo khusus Data SGP 2020 – 2021. Hadiah hari ini yang lain-lain tampil diamati dengan terprogram melewati banner yg kita tempatkan dalam laman tersebut, lalu juga siap dichat pada layanan LiveChat support kami yang stanby 24 jam Online buat meladeni segala keperluan para bettor. Mari secepatnya daftar, dan menangkan hadiah serta Live Casino On the internet terbaik yang tampil di laman kita.